Tuesday 1 September 2015

Perjalanan Menyenangkan ke Gili Trawangan

Halo semuaa .. kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang perjalanan wisata saya ke Gili Trawangan .Gili Trawangan merupakan pulau wisata yang menjadi incaran pelancong mancanegara termasuk wisatawan domestik. Sebuah pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok dan masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ada tiga pulau kecil di Kabupaten Lombok Utara ini yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Namun Gili Trawangan paling pertama naik daun, juga paling ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Cara menuju Gili Trawangan bisa melalui Pulau Bali maupun Pulau Lombok.






Dari Pulau Bali, bisa naik fastboat dari Pelabuhan Padangbai dan langsung turun di Gili Trawangan. Lama perjalanan di atas kapal sekitar 1,5 jam. Pilihan lain bisa melalui Pelabuhan Benoa, juga dengan fastboat. Tarifnya lumayan mahal, di atas Rp 500.000.  

 

Pilihan murah bisa dengan kapal feri dari Pelabuhan Padangbai ke Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Tentu waktu lebih lama sekitar 4 jam. Dari Lembar untuk menyeberang ke Gili Trawangan, harus ke Pelabuhan Bangsal terlebih dahulu.

Cara lain adalah melalui Pulau Lombok. Untuk menuju Pulau Lombok bisa melalui jalur udara dan masuk lewat Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Lalu dari BIL arahkan perjalanan ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara. Bisa juga ke Senggigi menggunakan fastboat dari Bali.

Kisaran biaya taksi atau sewa mobil dari BIL sebesar Rp 250.000 - Rp 350.000. Bisa juga naik Damri sampai Senggigi, lalu dilanjutkan naik taksi. Lama perjalanan dari BIL ke Teluk Nara sekitar 2 jam.

Biasanya wisatawan lebih senang melalui Teluk Nara, sebab dari tempat parkir mobil ke speedboat sangat dekat. Sementara di Pelabuhan Bangsal, dari tempat parkir mobil harus berjalan kaki terlebih dahulu sampai dermaga atau naik cidomo (sejenis delman). 

Dari Teluk Nara, pilihannya adalah menyewa speedboat. Bisa dibilang untuk menggunakannya maka harus menyewa satu kapal. Harganya bervariasi, namun diterapkan minimal orang yang naik.

Misalnya ada speedboat yang menawarkan harga Rp 400.000 untuk tiga orang. Setiap menambah satu orang, dikenakan tambahan Rp 50.000. Kapal cepat ini bisa memuat antara 10 sampai 15 orang. Ada banyak kapal tertambat di Teluk Nara yang bisa dipilih. Lama perjalanan kurang lebih 20 menit, tergantung cuaca.

Cara lain adalah coba tanyakan tempat Anda berencana menginap, apakah mempunyai rekanan yang menyewakan speedboat untuk menyeberang dari Teluk Nara. Beberapa bungalow juga memiliki speedboat yang disewakan.

Hal sama juga berlaku untuk fasilitas antar-jemput dari BIL ke Teluk Nara. Resor biasanya menyediakan fasilitas ini. Sementara beberapa bungalow juga memiliki kenalan yang mempermudah mencari penyewaan mobil. 

Nah semoga blog ini membantu yahh , happy holiday 

No comments:

Post a Comment