Tuesday 1 September 2015

Baca Tips dan Trik ini dulu Sebelum Wisata ke Raja Ampat

Ada yang mau liburan ke Raja Ampat ?? ya wisata di timur Indonesia ini emang terkenal . Ga cuman wisatawan dalam negeri aja . Malahan lebih banyak turis asing yang berlibur kesini .Raungan mesin kapal kayu berhenti dan perahu mulai merapat. Tidak ada yang terdengar kecuali ombak kecil yang mendera sisi kapal dan perlahan-lahan melepaskannya. Burung-burung beterbangan dari ujung pohon kecil di salah satu pulau tak berpenghuni. Ya, Anda tiba di Raja Ampat! Surga terakhir kekayaan bawah laut paling lengkap di Bumi. Bersiaplah untuk sebuah petualangan yang tidak akan terlupakan.


Raja Ampat atau 'Empat Raja' adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau indah tersebut. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.


 
 



 
 Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik yang mengagumkan. Mulailah tur Anda dari sini dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertikal dan rasakan ketegangan melihat kelayaan bahwah laut yang megah. Meski Anda berdebar-debar saat terombang-ambing arus laut namun itu pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan di Raja Ampat.


 

 Nah ini dia Tips dan Trik sebelum wisata ke Raja Ampat :
Ada tiga cara untuk mencapai raja ampat terutama untuk anda yang tinggal di Jakarta, pertama yaitu menggunakan kapal PELNI dengan kisaran harga 700.000 - 800.000 per orang dengan satu kali jalan. Ini adalah perjalanan yang murah namun anda harus menunggu di kapal selama 5 Hari 4 malam hingga tiba di Kota Sorong.
Untuk cara yang kedua yaitu dengan membeli tiket promo pesawat langsung ke sorong, misalnya anda membeli tiket pesawat Maskapai Sriwijaya yang promo Buy 1 Get 1 Free dengan harga 1 juta per orang tiket tersebut berlaku untuk dua orang. Jadi tinggal dikali dua untuk ongkos pulang pergi.
Dan opsi terakhir untuk menuju kesana adalah dengan menggunakan penerbangan promo tentunya dari Jakarta ke Ambon, lalu lanjut menggunakan kapal PELNI dari Ambon ke Sorong, namun anda harus siap - siap untuk menuggu kapal PELNInya karena hanya datang 1 kali dalam seminggu, jadi ada baiknya anda survei terlebih dahulu atau menyakan ke orang - orang disana atau teman di sana hari apa saja datang kapal tersebut.
Jika sudah tiba di Sorong anda bisa menggunakan taksi untuk pergi ke Pelabuhan Rakyat harga menyewa taksi untuk 5 orang sekitar 50 - 70 ribu sekali jalan. Setelah tiba di Pelabuhan Rakyat ada baiknya beli makanan dan minuman sebelum menuju ke Waisai ibu kota dari Raja Ampat, karena di Raja Ampat sendiri harga makanan dan minuman cukup mahal.
Untuk rute Sorong ke Waisai ada dua kapal yang siap untuk mengantarkan anda kesana, pertama adalah kapal fiber dengan harga 120 ribu per orang dan jarak tempuh 3 jam perjalanan, dan yang satunya lagi adalah kapal kayu dengan harga 70 ribu per orang durasi perjalananya 5 - 6 jam tergantung dengan besar ombaknya. Kedua kapal tersebut berangkat pada pukul 14.00 WIT.
Setelah tiba di Waisai anda bisa menyewa jasa ojek untuk mencari penginapan, namun sebelum chek in anda harus mendatangi kantor Depbudpar setempat, sekedar info saja setiap wisatawan yang datang ke wilayah Raja Ampat dikenakan biaya konservasi sebesar Rp 200.000 untuk turis domestik dan Rp 500.000 untuk turis mancanegara.
Untuk harga penginapan di Waisai sendiri berkisar 200 ribu per kamar dan per malam, tapi anda bisa mendapatkan yang murah jika dekat dengan warga disana dan menginap di rumahnya dengan imbalan makanan atau dengan uang, dan jika anda ingin gratis bisa gelar tikar atau tenda di pesisir pantai, karena tidak sedikit orang yang melakukan hal tersebut.
Jika ingin mengeksplorasi Raja Ampat bangunlah 04.00 WIT dan pergi ke pasar Waisai, disana sudah berjajar beberapa perahu yang siap menemani anda menjelajah pulau - pulau yang ada di Raja Ampat, anda bisa meyewa perahu tersebut sekitar 2 juta dengan nelayan sebagai pengemudinya, jika anda pintar dalam hal tawar menawar harga diatas pun bisa dikikis dan lebih murah tentunya, namun itu belum termasuk BBMnya sendiri satu liter bensin biasanya di hargai 10 ribu.
Wayag adalah tujuan favorit para traveler yang menuju ke Raja Ampat, di sana anda bisa menemukan pulau - pulau kecil yang bertebaran di laut biru, untuk yang suka bersnorkeling disana adalah spot yang bagus karena terumbu karang dan juga ikan - ikan yang cantik akan memanjakan mata anda. Sekedar tips saja sebelum melakukan perjalanan ke wayag ada baiknya anda bawa lagi makanan karena perjalanannya yang cukup panjang dan juga biasanya makanan hanya bisa ditemukan di dive resorts yang tentunya dibandrol lebih mahal.
Untuk mencapai Wayag sendiri dibutuhkan 400 liter bensin dengan kata lain jika di uangkan yaitu sekitar 7 juta dengan rute Waisai Wayag dan ke Waisai lagi. Tapi anda tidak perlu khawatir karena satu perahu bisa diisi sampai 14 orang, jadi anda bisa patungan sekitar 500 ribu untuk kapal tersebut dengan teman - teman anda tentunya, lama perjalanannya pun sekitar 12 jam, tapi anda tidak akan bosan karena view disana sangat indah mata anda pun akan di buat takjub dengan ke indahan pantai dan pulau - pulau disana.
Nah itu tadi sedikit informasi cara bagaimana untuk pergi ke Raja Ampat namun dengan harga yang lumayan murah dan tidak terlalu merogok kocek anda dalam - dalam. Jika di simpulkan anda akan mengeluarkan uang sekitar 4,7 juta untuk pergi kesana dari Jakarta sampai bisa ke Wayag tadi itu pun jika anda membawa teman 4 - 5 orang dengan durasi 3 hari 2 malam, akan lebih murah jika anda membawa lebih teman seperti 10 orang, jadi pada intinya semakin banyak yang ikut, semakin sedikit pula uang anda keluar untuk pergi ke Raja Ampat. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.



 

No comments:

Post a Comment